Thursday 4 September 2014

Underwater Robot Berbasis Arduino

Bro-bro... ini postingan pertama gw di blog baru bro.

sebelumnya, kenalin... nama gw MAMEN... bukan nama sebenarnya, tapi begitulah gw di panggil.

tau Arduino kan bro??? itu tuh, sistem minimum mikrokontroller yang lagi ngehits seantero jagad raya...
produknya emang dibikin open source dan modul pendukungnya juga banyak...
Kita bisa akses di http://playground.arduino.cc/ itu taman bermainnya par pengguna arduino.

Buat yang ga tau ini salah satu produknya.

Gambar 1. Arduino Uno


Sesuai judul ya bro... disini gw bakal ngenalin salah satu karya gw bareng temen-temen kampus.

Perkenalkan, POSEIDON112 sebuah Underwater Robot Berbasis Arduino.
Ini penampakannya bro...

Gambar 2. POSEIDON112

Yup... gambar di atas baru sekedar konsep yang gw bikin pake AutoCAD (Itu loh, program yang suka di pake sama anak-anak arsitek buat bikin bangunan). 

Robot ini bro, sesuai dengan judulnya 'underwater robot berbasis arduino', bisa bermanuver di dalam air...
Ia di dalam air.

Coba deh lihat Videonya

Video 1. POSEIDON112 lagi belajar nyelem

Itu gw masih pake joystick PS2 yang 100 rebuan bro (joystick KW), jadi masalahnya dia ga bisa nyelem dalem-dalem. Di akhir video sinyalnya putus tuh, makanya videonya cuman segitu. 
Oh ya, kalo yang di atas itu sistem kerjanya pake serial peripheral interface (SPI), silakan cari di mbah google bro...

Oke sekarang kita bedah teknologinya bro... yang terbaru ini, POSEIDON112 udah ga pake joystick PS2.

Ini spesifikasinya:
1. Processor : Arduino UNO
2. Aktuator : Motor DC 12v & elektromagnetik 9vdc
3. Driver motor : H-bridge Mosfet (Kalo mau pesen ini, bisa ke gw bro, 76778ACB)
4. Remote : FRsky TH9x

Gambar 3. POSEIDON112 generasi terbaru

Prinsip kerjanya cukup sederhana, robot yang baru ini nggak pake SPI lagi, karena remotenya emang udah nyediain reciever. Output dari reciever itu pulse position modulation (PPM) alias sinyal modulasi posisi pulse , nanti kalo ada waktu bisa tak tulisin di blog.

Nah si PPM tadi itu kita mix di Arduino UNO, biar bisa gerakin motor DC, karena motor DC butuhnya sinyal pulse width modulation (PWM) buat ngatur kecepatannya.


Video 2. Poseidon112 lagi beraksi di PRC2014

nih gw kasih codenya. download disini

OK bro, bedah robotnya sampe sini dulu ya... kalo mau lebih jelas dan lengkap bisa sharing sama gw langsung.

76778ACB


Baca juga:
  1. mengenal komponen-komponen utama underwater robot
  2. cara kerja underwater robot ROV tentang gerak
  3. cara kreja underwater robot ROV tentang sistem kontrol












No comments:

Post a Comment